SELAMAT ATAS PELANTIKAN SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN NATUNA TAHUN 2016 WAN SISWANDI, S.Sos, M.Si

Home Transportasi

TRANSPORTASI DAN TELEKOMUNIKASI

Panjang Jalan dan Angkutan Darat

Prasarana jalan merupakan urat nadi kelancaran lalu lintas di darat. Lancarnya arus lalu lintas akan sangat menunjang perkembangan perekonomian suatu daerah. Guna menunjang kelancaran perhubungan darat di Kabupaten Natuna pada tahun 2012 tercatat panjang jalan 833,90 km. Dilihat dari kondisinya, jalan yang baik sepanjang 462,50 km, sedang 305,80 km, dan rusak/rusak berat 115,75 km. Jika data panjang jalan dirinci menurut jenis permukaan diperoleh 650,30 km diaspal/beton, 137,60 km jalan tanah, dan 46,00 km lainnya.

Angkutan Darat

Untuk di daerah khusus Pulau Bunguran, yang terdapat 6 (enam) Kecamatan, antara lain : Kec. Bunguran Timur (Ibu Kota Kabupaten), Kec. Bunguran Timur Laut, Kec. Bunguran Utara, Kec. Bunguran Selatan, Kec. Bunguran Tengah, dan Kec. Bunguran Barat.

Dapat ditempuh dengan Angkutan Desa, dengan rute pusat berawal dari lokasi Kec. Bunguran Timur, tepatnya Terminal di daerah Pasar Ranai.

(Untuk detail informasi, bisa diakses di : SINI)

Angkutan Laut

Geografis Kabupaten Natuna terdiri dari 98,84 persen berupa lautan. Keadaan tersebut menempatkan angkutan laut menjadi sarana utama untuk menghubungkan suatu pulau dengan pulau lain, dari desa ke ibu kota kecamatan dan dari kecamatan ke ibu kota kabupaten.

Sarana perhubungan di sektor angkutan laut terlihat semakin baik dengan bertambahnya jumlah kapal dan frekuensi pelayaran untuk menghubungkan Pulau-pulau yang ada di wilayah Kabupaten Natuna. Pada saat ini, setidaknya ada 6 (enam) transportasi laut (Kapal) yang dipergunakan untuk angkutan umum masyarakat, yaitu :

  1. KM. BUKIT RAYA
  2. KM. KAWARANAE 2
  3. KM. SABUK NUSANTARA 39
  4. KM. TRIGAS 3
  5. KM. CERIA 8
  6. KM. BAHARI 5

(Untuk detail informasi, bisa diakses di : SINI)

Angkutan Udara

Sarana angkutan udara di Kabupaten Natuna tidak kalah pentingnya dengan angkutan lainnya. Sampai saat akhir tahun 2012 di daerah ini terdapat bandara yang disinggahi oleh penerbangan komersial, yaitu Bandara Ranai di Ranai kecamatan Bunguran Timur.

Data-data yang dikumpulkan pada tahun 2012 dan tahun-tahun sebelumnya pada Bandara Ranai, dibandingkan dengan tahun 2010, frekuensi penerbangan Bandara Ranai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Namun sampai dengan Tahun 2014 ini, maskapai yang beroperasi dari dan atau ke Natuna hanya ada 2 (dua) : WINGS AIR & SRIWIJAYA AIR.

(Untuk detail informasi, bisa diakses di : SINI)

Komunikasi dan Informatika

Dengan semakin meningkatnya permintaan akan jasa pos dan telekomunikasi setiap tahunnya, perlu diikuti dengan sarana dan prasarana penunjang serta pelayanan yang semakin baik. Di Kabupaten Natuna, terdapat 4 kantor pos dengan berbagai jenis pelayanan yang ditawarkan, yaitu terdapat di kecamatan Midai, Bunguran Barat, Bunguran Timur, dan Serasan.

Lalu lintas surat, paket pos, pengiriman uang serta jalur informasi dan telekomunikasi dengan menggunakan jasa pos dan ekpedisi swasta lainnya dan juga operator komunikasi serta operator jaringan satelit untuk akses data (internet), dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan yang cukup berarti.

(Untuk detail informasi, bisa diakses di : SINI)

WEBSITE TERKAIT

Web Pemda se-Kepri

MEDIA INFORMASI

MEDIA INTERAKTIF