SELAMAT ATAS PELANTIKAN SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN NATUNA TAHUN 2016 WAN SISWANDI, S.Sos, M.Si

Home Sosial Budaya

SOSIAL BUDAYA DI KABUPATEN NATUNA

User Rating: / 0
PoorBest 

Penduduk

Masalah penduduk di Kabupaten Natuna sama halnya seperti daerah lain di Indonesia. Untuk mencapai manusia yang berkualitas dengan jumlah penduduk yang tidak terkendali akan sulit tercapai.

Program kependudukan yang meliputi pengendalian kelahiran, menurunkan tingkat kematian bagi bayi dan anak, perpanjangan usia harapan hidup, penyebaran penduduk yang seimbang serta pengembangan potensi penduduk sebagai modal pembangunan yang harus ditingkatkan.

Penduduk Kabupaten Natuna tahun 2012 berjumlah 76.305 jiwa, terdiri dari 39.524 penduduk laki-laki dan 36.781 penduduk perempuan. Sedangkan jumlah rumah tangga tercatat sebanyak 19.039 rumah tangga.

Secara keseluruhan, kepadatan penduduk Kabupaten Natuna tahun 2012 sebesar 38,13 jiwa per km2. Ini artinya dalam wilayah seluas 1 km2 terdapat penduduk sekitar 38 jiwa.

Pengeluaran Penduduk

Kesejahteraan masyarakat dapat diukur dengan jelas dari besarnya pendapatan yang diterima. Namun mengingat sulitnya data pendapatan yang akurat sulit diperolehmaka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konsumsi atau pengeluaran rumahtangga.

Tujuan utama pengumpulan data ini adalah untuk melihatperkembangan tingkat kesejahteraan penduduk dan sebagai bahan analisis silang.

Pengeluaran rata-rata sebulan per kapita penduduk pada tahun 2012 tercatat sebesar Rp 624.330,- terlihat lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 620.141,-

Pendapatan Regional

Pertumbuhan PDRB
Angka pertumbuhan ekonomi (PDRB riil) yang tumbuh 6,54 persen, mengalami kenaikan bila dibandingkan tahun lalu yang sebesar 6,41 persen. Hal menunjukkan kinerja ekonomi Kabupaten Natuna sepanjang 2012 masih menunjukkan hasil yang cukup baik.

Pertumbuhan PDRB tertinggi selama tahun 2012 didominasi sektor konstruksi yaitu sebesar 19,12persen. Sebaliknya, walaupun memberi peran yang besar pada PDRB, pertumbuhan sektor pertanian sedikit melambat bila dibandingkan tahun sebelumya yaitu sebesar 4,73 persen.

Distribusi PDRB
Kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB Kabupaten Natuna masih dominan di tahun 2012, tetapi angkanya mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Kontribusi sektor ini sebesar 55,71 persen di tahun 2012, padahal di tahun 2011 sebesar 57,74 persen. 11.2 RGDP Distribution

Sektor perdagangan, hotel, dan restoran selama tahun 2012 juga mampu memberi kontribusi sebesar 17,34 persen, atau mengalami kenaikan daripada tahun sebelumnya.

PDRB Perkapita
Selama periode 2008–2012, PDRB per kapita Kabupaten Natuna mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 1,65 persen per tahun.

Selisih antara pertumbuhan ekonomi dengan pertumbuhan penduduk merupakan cerminan dari kenaikan taraf kehidupan ekonomi masyarakat. Tetapi keterkaitan tersebut belum sepenuhnya menunjukkan tingkat taraf hidup masyarakat. Hal tersebut didasari, antara lain : (1) PDRB hanya mengacu pada aspek ekonomi, sedangkan kesejahteraanmencakup aspek ekonomi maupun non ekonomi,
(2) pertumbuhan PDRB yang tinggi belum tentu menjamin bahwa distribusi pendapatan relatif merata di kalangan penerima pendapatan.

Kemiskinan

Untuk mengukur kemiskinan, BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar. Dengan pendekatan ini, kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan non makanan yang diukur dari sisi pengeluaran

Berdasarkan Survei Susenas, Garis Kemiskinan (GK) di Kabupaten Natuna pada tahun 2011 adalah rupiah. GK tersebut mengalami … sekitar .. persen bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil PPLS, tercacat jumlah rumahtangga menengah ke bawah tahun 2012 mengalami penurunan sebesar 2,4 persen dibandingkan tahun 2008, sedangkan jumlah penduduknya mengalami peningkatan sebesar 9,8 persen.

Ketenagakerjaan

Masalah kependudukan selalu berkaitan dengan masalah ketenagakerjaan, salah satu contoh adalah tingginya tingkat pertumbuhan penduduk akan berpengaruh juga pada tingginya penyediaan tenaga kerja. Penawaran tenaga kerja yang tinggi tanpa diikuti penyediaan kesempatan kerja yang cukup akan menimbulkan pengangguran dan setengah pengangguran.

Banyaknya pencari kerja yang terdaftar pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Natuna pada tahun 2012 tercatat 36 orang terdiri dari 24 pencari kerja laki-laki dan 12 orang perempuan.

Perhotelan dan Pariwisata

Pulau-pulau di kawasan Kabupaten Natuna sangat kaya dengan berbagai objek wisata yang potensial, namun sayang sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperkenalkan pariwisata di daerah ini kepada para wisatawan belum cukup memadai. Letak geografis yang cukup jauh juga merupakan salah satu faktor penyebab kurang berkembangnya sektor pariwisata di Kabupaten Natuna. Karena itu upaya untuk membenahi berbagai objek dan melengkapi fasilitas dengan mengembangkan jaringan transportasi perlu terus ditingkatkan.

Mengingat Natuna adalah sebuah kabupaten yang memiliki banyak pantai yang menarik dan eksotis maka sebagian besar pengunjung wisata adalah wisatawan bahari/pantai. Pada tahun 2012 mencapai sekitar 176.960 orang.

Di Kabupaten Natuna pada tahun 2012 terdapat 34 unit hotel/penginapan yang tersebar di 7 kecamatan, yaitu Kecamatan Midai, Bunguran Barat, Bunguran Timur, Serasan, Bunguran Utara, Pulau Tiga dan Subi. Hotel-hotel tersebut menyediakan 451 kamar dengan 544 tempat tidur. Sampai saat ini belum ada peningkatan yang cukup berarti mengenai kuantitas hotel dan fasilitas yang disediakan hotel-hotel yang ada dibandingkan tahun-tahun yang lalu.

Festival Seni Budaya

Natuna Art adalah sebuah pergelaran akbar yang di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Even ini bertujuan untuk mempromosikan wisata seni dan budaya Natuna ke dunia luar. Biasanya Natuna Art di adakan di komplek gedung Masjid Agung Natuna.

Perbandingan Regional

Pada tahun 2012, jumlah penduduk Provinsi Kepulauan Riau mencapai 1.764.766 jiwa. Natuna merupakan kabupaten dengan penduduk terkecil kedua setelah Kepulauan Anambas.

Selama periode 2000-2010 rata-rata pertumbuhan penduduk Kepulauan Riau adalah sebesar 6,94% per tahun. Rata-rata pertumbuhan penduduk Natuna adalah sebesar 1,94%.

Laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kepulauan Riau mengalami fluktuasi selama periode 2008-2012. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada tahun 2012 sebesar 8,52%. Fluktuasi LPE terjadi di semua kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Dilihat dari besarnya kontribusi PDRB kabupaten/kota terhadap PDRB Provinsi Kepulauan Riau selama 2012, andil terbesar diberikan oleh Kota Batam sebesar 70,17%. Sedangkan Kabupaten Natuna memberikan andil sebesar 1,59 % bagi keseluruhan PDRB Provinsi Kepulauan Riau selama tahun 2012.

WEBSITE TERKAIT

Web Pemda se-Kepri

MEDIA INFORMASI

MEDIA INTERAKTIF