SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA

Home Ekonomi Daerah

EKONOMI DAERAH DI KABUPATEN NATUNA

User Rating: / 0
PoorBest 

Pertanian

Pembangunan ekonomi sektor pertanian adalah untuk meningkatkan produksi pertanian dan bertujuan meningkatkan pendapatan petani yang sebagian besar berada di daerah pedesaan.

Pertanian Tanaman Pangan
Tanaman pangan meliputi luas panen dan produksi tanaman bahan makanan dan sayur-sayuran untuk tahun 2012. Dibandingkan dengan tahun 2011 lalu, luas tanam, luas panen dan produksi baik bahan makanan maupun sayuran cenderung mengalami penurunan. Kecamatan Serasan Timur adalah kecamatan dengan produksi bahan makanan dan sayuran terbesar di Kabupaten Natuna.

Perkebunan
Perkebunan mempunyai kedudu-kan yang penting di dalam pengem-bangan pertanian baik di tingkat nasional maupun regional. Tanaman perkebunan yang merupakan tanaman perdagangan yang cukup potensial di Kabupaten Natuna adalah kelapa. Data luas dan produksi kelapa pada tahun 2012 memiliki angka terbesar (6.012,2 ton) bila dibandingkan dengan komoditas lainnya.

Peternakan
Sub sektor peternakan bertujuan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak dalam usaha memperbaiki gizi masyarakat. Sebagian besar hewan ternak yang dipelihara adalah sapi.Jumlah populasi hewan ternak mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu, baik sapi, kerbau maupun kambing.

Perikanan
Jumlah kapal/perahu penangkap ikan pada tahun 2012adalah sebanyak 2.404 kapal/perahu bermotor (turun 17,4 % dari tahun lalu) dan 1.104 perahu tanpa motor (naik7,9 % dari tahun lalu).

Perindustrian

Pergerakan ekonomi masyarakat salah satunya bisa dilihat dari bergeraknya sector industri. Data tahun 2012 yang diperoleh menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Industri besar meningkat 173 persen, industri sedang meningkat 139 persen, dan industri kecil meningkat 428 persen. Dengan adanya penambahan tempat industri maka jumlah tenaga kerja pun makin meningkat.

Pertambangan

Kegiatan usaha penggalian di Kabupaten Natuna meliputi penggalian pasir, tanah liat, tanah urug, kerikil, tanah, batu granit dan sirtu. Sedangkan pertambangan di Kabupaten Natuna meliputi minyak mentah dan gas bumi. Produksi minyak mentah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sedangkan gas bumi mengalami kenaikan.

Listrik dan Air Minum

Listrik dan air minum merupakan salah satu kebutuhan vital bagi proses pembangunan dan terkait erat dengan kesejahteraan masyarakat. Produksi dan jangkauan pelayanan PLN dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang cukup berarti, walaupun dari segi pelayanan masih sering terjadi pemadaman secara tiba-tiba dan aliran daya listrik yang kurang stabil.

Penyajian tabel kelistrikan meliputi listrik yang dikelola oleh PLN maupun listrik non PLN yang cukup besar fungsinya terutama di daerah-daerah terpencil.

Peningkatan pelayanan listrik PLN dapat dilihat dari jumlah mesin, daya terpasang, tenaga yang dibangkitkan serta jumlah pelanggan yang ada. Banyak mesin pada tahun 2012 berjumlah 13 unit dengan tenaga yang dibangkitkan mencapai 496.058 kWh.

Berdasarkan direktori perusahaan air minum pada tahun 2012, usaha yang bergerak di sektor air minum ada sebanyak 2 unit. Dari jumlah tersebut, hanya 1 unit yang pengelolaannya dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan sisanya dilakukan oleh Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) ataupun swasta. Pada tahun 2012, jumlah produksi air minum mengalami kenaikan sekitar sebesar 67,14 persen dari tahun sebelumnya.

Ditinjau dari besarnya produksi, terlihat bahwa PDAM di Kecamatan Bunguran Timur jauh melebihi produksi yang dicapai perusahaan air minum lainnya. Di tahun 2012, produksi PDAM Kecamatan Bunguran Timur mencapai 645.569 m3.

Usaha Perdagangan

Unit kegiatan ekonomi di luar sektor pertanian pada Kabupaten Natuna menunjukkan masih banyak perusahaan yang belum berbadan hukum. Perdagangan besar dari tahun sebelumnya menunjukkan kemajuan yang sangat pesat. Begitu juga dengan jenis perdagangan lainnya yaitu perdagangan eceran, rumahmakan dan restoran, serta kedai kopi.

WEBSITE TERKAIT

Web Pemda se-Kepri