SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA

Home Berita PEMBENTUKAN KIM DESA CERUK TERKENDALA JARINGAN

PEMBENTUKAN KIM DESA CERUK TERKENDALA JARINGAN

Natuna, (12/04/2017). Kepala Desa Ceruk Kecamatan Bunguran Timur Laut Aramli beserta seluruh jajaran dan masyarakatnya, serius mendengarkan pemaparan tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), yang dilakukan oleh Tim Sosialisasi KIM Diskominfo Kabupaten Natuna. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di ruang rapat Kantor Desa Ceruk Kecamatan Bunguran Timur Laut itu dilaksanakan Rabu lalu (12/04/2017).

Kades Ceruk Aramli mengaku pisimis akan terbentuknya KIM di desanya, karena kendala jaringan yang sangat terbatas.

“Kami harus naik batang kelapa dulu pak, baru kami dapat mengakses internet. Jangankan jaringan internet, jaringan telepon selulerpun kami sulit mendapatkannya”, ujar Aramli penuh kecewa.

“Kami sebenarnya ingin juga seperti orang-orang yang ada di kota Ranai, yang dapat mengakses dunia luar melalui internet, tapi kami belum dapat melakukannya karena kendala tadi”, tambah Aramli.

Sementara itu, Keala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Kabupaten Natuna, H. Wan Suhardi, yang didampingi oleh Kasi Kemitra dan Hubungan Masyarakat, Wahyu Saputro terus berupaya meyakinkan Kepala Desan dan masyarakatnya, bahwa kendala jaringan itu akan dapat diatasi, meskipun harus melakukan usaha ekstra. Yang penting keinginan membentuk KIM di Desa Ceruk harus ada.

“Kendala itu insya’allah pasti dapat kita atasi selagi kita masih ada niat untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat”, ujar H. Wan Suhardi.

H. Wan Suhardi mencontohkan, dulu masyarakat Desa Ceruk rela bergotong royong memperbaiki jalan di Bukit Senubing, padahal Bukit Senubing bukan wilayah Ceruk. Tujuannya hanya untuk memudahkan warga ceruk melintasi jalan atersebut, ketika akan menjajakan hasil panen duriannya ke kota Ranai.

“Masih ada yang ingat dengan hal itu?” tanya H. Wan Suhardi kepada peserta rapat.

“Masih pak, saya termasuk orang yang pernah bekerja di sana”, jawab salah seorang peserta sosialisasi yang kondisinya sudah agak renta.

“Nah,....apakah terlalu sulit bagi masyarakat Desa Ceruk, turun ke Desa Tanjung yang sudah memili jaringan internet yang cukup baik? Bukankan desa Tanjung tidak terlalu jauh dari Desa Ceruk ini?’ tanya H. Wan Suhardi lagi.

“Sebenarnya bisa saja pak”, jawab Kepala Desa Aramli. “Cuma persoalannya seperti yang bapak katakan tadi, mau atau tidak”, tambah Aramli meyakinkan masyarakatnya.

H. Wan Suhardi menambahkan, “bila masyarakat Ceruk benar-bernar ingin berpartisipasi dalam informasi di dunia maya melalui KIM, maka solusinya mungkin seperti itu, mengingat betapa pentingnya KIM guna menopang pembangunan di Desa”.

Akhirnya solusi yang ditawarkan diterima oleh Kepala Desa dan masyarakat yang hadir karena memang masuk akal menurut mereka. Dalam diskusi panjang itu, Kepala Desa beserta masyarakatnya menyatakan siap membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Ceruk Kecamatan Bunguran Timur Laut. Dengan cecatan, pihak Diskominfo Kabupaten Natuna harus selalu hadir dalam membina dan menghidupkan KIM di Desa Ceruk.

“Ini catatan pentin bagi kami pak”, ujar Syaiful salah seorang pemuda Ceruk yang sudah lama menggunakan sarana media sosial untuk berteman kepada warga di luar Desa Ceruk. “Jangan setelah kami terbentuk, lalu kami ditinggalkan pak ya” tutup Saiful.

(Ditulis oleh : (Wan Irfan/Wan Gutmi).

WEBSITE TERKAIT

Web Pemda se-Kepri