SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA

Home Berita Dewan, Pembangunan Harus Merata Musrenbang Dilaksanakan Per Wilayah

Dewan, Pembangunan Harus Merata Musrenbang Dilaksanakan Per Wilayah

Sedanau – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tingkat Kecamatan, pada tahun ini diselenggarakan perwilayah.

Sebagaimana dikemukakan Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna Dr. Rika Azmi, pada saat membuka acara Musrenbang Tingkat Kecamatan yang diselenggarakan di Sedanau pada Rabu dan Kamis (8-9/2), musrenbang yang dilaksanakan perwilayah merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Natuna. Hal tersebut untuk meningkatkan effisiensi, mengingat kondisi geografis dan prasana pendukung yang ada saat ini.

Pada tahun ini, musrenbang dibagi atas tiga wilayah. Wilayah I meliputi Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah, Bunguran Selatan. Wilayah II, meliputi Kecamatan Bunguran Barat, Pulau Tiga, Bunguran Batubi, Pulau Tiga Barat, Pulau Laut dan Pulau Bunguran Utara. Sedangkan Wilayah III meliputi Kecamatan Serasan, Serasan Timur, Midai, Suak Midai dan Subi.

Kecamatan Bunguran Utara yang semula jadwal musrenbang masuk pada wilayah II, dikarenakan masih menyelenggarakan musrenbang desa, maka untuk tingkat kecamatan akhirnya Kecamatan Bunguran Utara masuk ke wilayah I.

Sebagaimana penyelenggaraan musrenbang pada tahun-tahun sebelumnya, musrenbang tingkat kecamatan, juga dihadiri Camat, Para Kepala Desa, Tokoh-Tokoh Masyarakat dan perwakilan OPD. Diantara OPD yang hadir Diskominfo, PU, Perkim, Perikanan, Pariwisata, Ketahanan Pangan, Pertanian dan DPMD.

Pada penyelenggaraan musrenbang wilayah II, Anggota DPRD yang hadir, Wan Sofian dan Raja Marzuni. Dalam kesempatan tersebut, Wan Sofian yang mewakili dewan menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, Wan Sofian mengkritisi kegiatan pembangunan di Kabupaten Natuna yang menurutnya harus dilaksankan secara merata dan berkeadilan.

“Saya harap musrenbang ini lebih mengedapankan pemerataan berkeadilan. Yang artinya pembangunan di Kabupaten Natuna harus merata. Jangan sampai wilayah yang tidak ada anggota dewannya tidak dibangun dan tidak diakomodir usulannya,” tegas Wan Sofian.

Semantara itu, Para Camat dan Kades juga banyak menyorot tentang hasil dari musrenbang yang selama ini belum memuaskan. Dimana menurut mereka banyak usulan dari kecamatan dan desa atau usulan dari masyarakat (buttom up) tidak terealisasi. Oleh karenanya mereka sangat berharap agar kegiatan yang nantinya direalisasi benar-benar dari proses musrenbang.

(Ditulis oleh : Yana)

WEBSITE TERKAIT

Web Pemda se-Kepri